Cara Membuat Gelombang Sinusoida Dengan FreeMat

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas materi mengenai FreeMat. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat gelombang sinusoida dengan menggunakan aplikasi FreeMat. Untuk ulasan lengkapnya simak pembahasan berikut...

Cara Membuat Gelombang Sinusoida Dengan FreeMat

Pembuatan gelombang sinusoida sendiri merupakan salah satu pelajaran dasar yang harus kita ketahui jika kita ingin mendalami pemrograman FreeMat. Karena biasanya kita akan memerlukan variabel ini ketika melakukan perhitungan atau pemrosesan tertentu. Untuk membuat sebuah gelombang sinusoida menggunakan FreeMat, kita bisa menggunakan bantuan fungsi linspace, plot dan sin yang terdapat pada FreeMat. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat gelombang sinusoida dengan menggunakan FreeMat:

Langkah pertama yaitu menentukan rentang vektor yang akan digunakan dengan menggunakan syntak:
x = linspace(0,1,20);
Syntak diatas berarti kita akan membuat rentang vektor dari 0 sampai 1 dengan total interval sebanyak 20.

Langkah kedua yaitu membuat persamaan gelombang sinusoida dengan menggunakan syntak:
y = sin(2*pi*x);
Langkah terakhir yaitu menampilkan grafik atau plot dari persamaan yang dimasukan dengan menggunakan syntak:
plot(x,y,)
Program sederhana diatas dapat sobat variasikan sesuai dengan kebutuhan sobat. Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas:

Output gelombang sinusoida yang dihasilkan
Gambar 1. Output gelombang sinusoida yang dihasilkan

Semoga materi tentang FreeMat yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.    

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »