Membuat Gelombang Envelope Untuk Proses Modulasi AM Pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang salah satu proses yang terdapat dalam modulasi jenis AM atau Amplitude Modulation, yaitu proses pembuatan gelombang envelope pada modulasi AM dengan menggunakan MATLAB sebagai simulasinya. Gelombang envelope secara sederhana dapat didefinisikan sebagai gelombang yang biasanya digunakan dalam modulasi jenis AM yang menandakan adanya perubahan amplitudo dari gelombang AM yang dihasilkan. Jika sobat masih bingung tentang gelombang yang satu ini, mari kita simulasikan pada MATLAB agar lebih mudah untuk dipahami. Untuk penjelasan lebih lengkapnya yuk simak ulasan berikut...


Langkah Pertama yaitu membuat sinyal yang digunakan untuk simulasi dengan mengunakan metode modulasi gaussian. Tentukan sampel rate-nya sebesar 2 kHz dan durasi sinyal-nya 2 detik dengan menggunakan syntak:
t = 0:1/2000:2-1/2000;
q = chirp(t-2,4,1/2,6,'quadratic',100,'convex').*exp(-4*(t-1).^2); 
Langkah Kedua yaitu menampilkan sinyal yang dihasilkan dalam bentuk plot dengan menggunakan syntak:
plot(t,q);
Langkah Ketiga yaitu menampilkan upper dan lower envelope menggunakan fungsi analytic signal yang terdapat pada MATLAB menggunakan syntak:
[up,lo] = envelope(q);
hold on
plot(t,up,t,lo,'linewidth',1.5)
legend('q','up','lo')
hold off
Langkah Terakhir yaitu membuat sinyal yang akan dianalisis menjadi bentuk sinyal envelope dengan menggunakan syntak:
envelope(q)
Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas:

Output gelombang envelope yang dihasilkan
Gambar. Output gelombang envelope yang dihasilkan

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »