Cara Menghitung SNR dan PSNR Pada Pengolahan Citra MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada pembahasan kali ini kita akan belajar menghitung dan mensimulasikan SNR dan PSNR pada pengolahan citra MATLAB. Apa itu SNR dan PSNR? mari simak ulasan berikut sambil menimati kopi kapal api yang jelas lebih enak...

Cara Menghitung SNR dan PSNR Pada Pengolahan Citra MATLAB

SNR atau Signal To Noise Ratio merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk menentukan kualitas citra setelah dilakukan proses pengolahan citra. Citra yang telah diproses nantinya akan dibandingkan dengan citra asli untuk memberi perkiraan kasar kualitas citranya. Semakin besar nilai SNR maka kualitas citranya akan semakin baik, begitu pun sebaliknya. Sedangkan PSNR atau Peak Signal To Noise Ratio sendiri merupakan nilai SNR puncak dari proses citra yang dihasilkan. Syntak dasar untuk menuliskan fungsi PSNR adalah :
peaksnr = psnr(A,ref) 
Dimana A adalah gambar yang akan diproses dan ref adalah referensi gambar yang kita jadikan perbandingan. Nilai dari A dan ref sendiri harus sama ukuran dan kelasnya.

Pada pembahasan kali ini kita akan mencoba menghitung nilai SNR dan PSNR pada gambar yang sudah kita tambahkan Noise dan pada gambar tanpa Noise. Berikut ini langkah-langkahnya :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita jadikan sebagai referensi perbandingan dengan menggunakan syntak :
ref = imread (' C:\Users\USER\Documents\p2p.jpg ');
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah Kedua yaitu menambahkan Noise jenis salt & pepper pada gambar yang akan kita hitung nilai SNR dan PSNR-nya dengan menggunakan syntak :
A = imnoise(ref,'salt & pepper', 0.02);
Penjelasan tentang jenis Noise yang digunakan bisa sobat baca DISINI

Langkah Ketiga yaitu memasukan syntak untuk menghitung nilai SNR dan PSNR dengan menggunakan syntak :
[peaksnr, snr] = psnr(A, ref);
Langkah Keempat yaitu memasukan syntak untuk menampilkan nilai PSNR yang nantinya akan terlihat pada Command Windows dengan menggunakan syntak :
fprintf('\n Nilai PSNR-nya adalah %0.4f', peaksnr);
Langkah Kelima yaitu memasukan syntak untuk menampilkan nilai SNR yang nantinya akan terlihat pada Command Windows dengan menggunakan syntak :
fprintf('\n Nilai SNR-nya adalah %0.4f \n', snr);
Langkah Terakhir yaitu menampilkan gambar asli (ref) dan gambar yang sudah ditambahkan noise (a) dengan menggunakan syntak :
subplot(1,2,1);
imshow(ref);
title('Gambar Asli');
subplot(1,2,2);
imshow(A);
title('Gambar Dengan Noise');

Berikut ini Output yang dihasilkan dari keseluruhan program diatas :

Output Perbandingan Kualitas Gambar
Gambar 1. Output Perbandingan Kualitas Gambar
Output Perbandingan Nilai SNR dan PSNR
Gambar 2. Output Perbandingan Nilai SNR dan PSNR

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
18 January 2018 at 11:10 delete

mas, maaf mau tanya
apakah snr pada gambar dengan snr pda signal berbeda?

Reply
avatar