Cara Mengatur Intensitas Gambar Pada Pengolahan Citra MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang cara menyesuaikan intensitas gambar pada pengolahan citra MATLAB. Apa itu intensitas gambar? langsung saja simak ulasan berikut...

Cara Mengatur Intensitas Gambar Pada Pengolahan Citra MATLAB

Intensitas Gambar adalah pixel yang membentuk suatu gambar yang memiliki warna-warna tertentu. Jumlah warna yang dimiliki suatu gambar disebut intensitas. Intensitas gambar mempunyai beberapa jenis istilah yaitu RGB, CMYK, Grayscale. Semakin banyak jumlah warna dalam suatu gambar maka akan semakin bagus. Jumlah warna maksimum dari gambar dapat dilihat dari jenis (ekstensi) file-nya. File gambar berekstensi .jpg memiliki jumlah warna maksimum 16 juta warna, sedangkan file gambar berekstensi .gif memiliki jumlah warna maksimum 265 warna. Penulisan syntak umum untuk mengatur intensitas gambar pada pengolahan citra MATLAB adalah :
J = imadjust(I)
Dimana I adalah gambar yang akan diolah.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur intensitas gambar pada pengolahan citra MATLAB :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita olah dengan menggunakan syntak :
image = imread (' C:\Users\USER\Documents\jo.jpg ');
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah Kedua yaitu mengatur intensitas gambar yang kita masukan dengan menggunakan syntak :
image2= imadjust(image,[.2 .3 0; .5 .8 1],[]); 
Syntak yang berwarna merah dan biru diatas merupakan pengaturan low_in dan high_in dari gambar yang kita masukan. Nilainya bisa sobat sesuaikan, yang terpenting adalah nilai low_in harus lebih kecil daripada high_in.

Langkah Terakhir yaitu menampilkan gambar sebelum dan sesudah proses diatur intensitas gambarnya dengan menggunakan syntak :
subplot(1,2,1);
imshow(image);
title('Gambar Asli');
subplot(1,2,2);
imshow(image2);
title('Gambar Kontras');

Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas :

Output gambar sebelum dan sesudah diatur intensitasnya
Gambar 1. Output gambar sebelum dan sesudah diatur intensitasnya

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »