Cara Membuat Folder Yang Tidak Bisa Dihapus dan Di-Rename

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan trik pada Windows. Trik yang akan saya bagikan adalah trik untuk membuat folder yang tidak bisa dihapus atau di-rename. Yuk simak ulasan lengkapnya...

Cara Membuat Folder Yang Tidak Bisa Dihapus dan Di-Rename

Salah satu cara untuk mengamankan folder kita dari tangan jail orang yang ingin menghapus data pada komputer kita adalah dengan memproteksinya. Salah satu cara mudahnya yaitu menggunakan Command Prompt. Berikut ini langkh-langkahnya :

1. Masuk ke Command Prompt dengan cara menekan shortcut Windows + R kemudian tulis "cmd" kemudian tekan OK atau Enter

Masuk ke Command Prompt
Gambar 1. Masuk ke Command Prompt

2. Trik ini hanya bisa berhasil pada folder yang berada pada drive selain drive C: atau tempat dimana sobat menginstal sistem operasi.

3. Setelah Command Prompt terbuka, tulis "D:" atau "E:", sesuai dengan letak folder pada drive yang ingin sobat proteksi. Kemudian tulis "md con\". md adalah singkatan dari make directory.

Menuliskan perintah pada Command Prompt
 Gambar 2. Menuliskan perintah pada Command Prompt

4. Kemudian masuk ke direktori tempat folder yang tadi buat. Kemudian coba untuk menghapus atau mengganti nama folder tersebut. Pasti tidak akan bisa dihapus atau di-rename.

Selain perintah con yang saya sebutkan diatas, sobat juga bisa mencoba perintah aux, lpt1, lpt2, lpt3 - lpt9

5. Untuk menghapusnya sobat bisa menuliskan "rd con\" pada Command Prompt.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat. Silakan tulis pertanyaan seputar artikel yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan artikel menarik terbaru lainnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »