Konversi Citra dengan Transformasi DCT pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang Pengolahan Citra dengan menggunakan MATLAB. Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang Discrete Cosine Transform (DCT). Apa itu DCT? Untuk ulasan lengkapnya yuk simak ulasan berikut...

Konversi Citra dengan Transformasi DCT pada MATLAB

Sejalan dengan semakin berkembangnya teknologi telah membawa perubahan besar bagi media digital, salah satunya dalam hal kompresi citra. Beberapa diantaranya menggunakan transformasi seperti Discrete Cosine Transform (DCT) maupun Discrete Wavelet Transform (DWT). Apa itu transformasi DCT?

Discrete Cosine Transform adalah sebuah teknik untuk mengubah sebuah sinyal kedalam komponen frekuensi dasar. Discrete Cosine Transform merepresentasikan sebuah citra dari penjumlahan sinusoida dari magnitude dan frekuensi yang berubah-ubah. Sifat dari DCT adalah mengubah informasi citra yang signifikan dan dikonsentrasikan hanya pada beberapa koefisien DCT. Oleh karena itu DCT sering digunakan untuk kompresi citra seperti pada JPEG. Transformasi DCT pertama kali diperkenalkan oleh Ahmed, Natarajan dan Rao pada tahun 1974 dalam makalahnya yang berjudul “On image processing and a discrete cosine transform” (Watson, 1994).

Untuk aplikasi kompresi video, jika variasi dalam blok cenderung rendah, kebanyakan  transformasi  ini akan menghasilkan representasi blok yang lebih kompak.  Blok dipadatkan  dalam ‘bin’ dengan  frekuensi yang lebih rendah yang sesuai. Untuk melakukan kompresi DCT dengan MATLAB langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah Pertama yaitu memasukan file gambar atau image yang akan kita olah dengan menggunakan syntak :
image = imread ('C:\Users\USER\Documents\plane.jpg');
Syntak berwarna merah diatas merupakan File Location dari gambar yang akan kita olah. Sobat bisa menggantinya dengan File Location dari gambar yang akan sobat olah.

Langkah Kedua yaitu mengubah gambar yang kita pilih (RGB Mode) ke dalam Grayscale Mode dengan menggunakan syntak :
gray=rgb2gray(image);
Langkah Ketiga yaitu memasukan persamaan untuk transformasi DCT  dengan menggunakan syntak :
f=dct2(gray); 
Langkah Terakhir yaitu menampilkan objek pada Grayscale Mode dan tampilan objek sesudah dilakukan transformasi DCT dengan menggunakan syntak :
subplot(1,2,1);
imshow(gray);
colormap(jet);colorbar;
title('Grayscale Mode')
subplot(1,2,2);
imshow(f);
colormap(jet);colorbar;
title('Transformasi DCT')
Syntak Colormap diatas berfungsi untuk menampilkan spesifikasi warna dari objek yang kita pilih. Sedangkan syntak Colorbar diatas berfungsi untuk menampilkan menu bar yang menampilkan mode warna yang digunakan.

Berikut ini output yang dihasilkan dari program diatas :

Output Hasil Transformasi DCT
Gambar 1. Output Hasil Transformasi DCT

Sobat poinreaders juga bisa mengunduh syntak tersebut pada link di bawah ini :


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
1 May 2017 at 13:44 delete

caranya gimana gan agar memunculkan gambar setelah melalui proses transformasi? thx

Reply
avatar
3 May 2017 at 11:27 delete

Selamat pagi, pada artikel diatas sudah dijelaskan pada bagian syntak berikut :

imshow ( f );
colormap(jet);colorbar;

Keterangan:
imshow = imshow sendiri adalah syntak untuk menampilkan gambar/objek. Sedangkan f merupakan parameter yang ingin ditampilkan. Dalam syntak diatas f merujuk persamaan Transformasi yang telah dimasukkan sebelumnya.

Semoga membantu sob :)

#Raizal

Reply
avatar