Sampling Sinyal Dengan MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah materi mengenai MATLAB. Materi yang akan dibahas yaitu Sampling Sinyal dengan Menggunakan MATLAB. Apa itu Sampling? Untuk penjelasan lengkapnya simak ulasan berikut sambil menikmati kopi kapal api...

Sampling Sinyal dengan MATLAB

Sampling merupakan proses pencuplikan dari sebuah sinyal informasi yang nantinya akan diproses. Sampling merupakan salah satu proses untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Untuk melakukan sampling terhadap sinyal informasi, kita harus memperhatikan penggunaan frekuensi sampling yang akan digunakan. Frekuensi sinyal sampling sendiri menurut teorema Nyquist adalah harus dua kali lebih besar dari  frekuensi informasi (fs > 2*fi) dengan fs adalah frekuensi sampling dan fi adalah frekuensi informasi. Kenapa frekuensi sampling harus lebih besar daripada frekuensi informasi? karena agar dihasilkan proses sampling yang baik. Jika frekuensi sampling lebih kecil daripada frekuensi informasi akan mengakibatkan sinyal hasil sampling rusak. Untuk membuat dan melihat proses sampling kita dapat menggunakan software MATLAB. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat Sampling Sinyal dengan menggunakan MATLAB :

Langkah pertama yaitu membuat vektor waktu untuk menampilkan grafik sinyal dalam domain waktu dengan menggunakan syntak :
t  = [ 0 : 1 : 40 ];
Langkah kedua yaitu memasukan frekuensi sinyal informasi yang akan disampling dengan menggunakan syntak :
f  = 500;
Langkah ketiga yaitu memasukan frekuensi sampling yang akan digunakan. Frekuensi sampling sendiri harus mengikuti teorema Nyquist. Sehingga jika frekuensi informasi yang kita gunakan adalah 500, maka frekuensi sampling yang kita gunakan harus dua kali lebih besar dari frekuensi informasi. Sehingga nilai frekuensi sampling yang kita gunakan harus lebih besar dari 500. Untuk memasukan frekuensi sampling kita bisa menggunakan syntak :
fs = 8000;
Langkah keempat yaitu membuat sinyal informasi yang telah di sampling pada domain waktu dengan menggunakan syntak :
x = sin(2*pi*f/fs*t);
Langkah kelima yaitu menampilkan sinyal asli dan proses sampling yang telah kita lakukan. Untuk menampilkan sinyal informasi asli kita bisa menggunakan syntak :
figure();
stem(t*1/fs*1000,x,'r');
Sedangkan untuk menampilkan proses sampling kita bisa menggunakan syntak :
hold on;
plot(t*1/fs*1000,x);      
Untuk membuat output sinyal asli dan proses sampling berada dalam satu gambar, maka kita  menggunakan syntak hold on sebagai tambahan seperti terlihat pada syntak diatas. Jika sobat mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, seharusnya program yang tersebut dapat menghasilkan output seperti gambar dibawah ini :

Sampling Sinyal dengan MATLAB
Gambar 1. Output Sampling Sinyal

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa sinyal yang berwarna biru menunjukan sinyal asli sebelum disampling dan sinyal yang berwarna merah menunjukan sinyal hasil sampling. Untuk mengunduh program lengkap berbentuk .m file nya sobat bisa mengunduhnya pada link dibawah ini : 


Semoga materi yang saya sampaikan tentang MATLAB dapat dipahami poinreaders. Silakan tulis pertanyaan seputar materi yang telah dibahas pada kolom komentar. jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terbaru tentang pemrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »