Operasi Aritmatika pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah materi mengenai Operasi Aritmatika yang ada pada MATLAB. Operasi Matematika yang akan saya bahas dimulai dari operasi yang sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian sampai dengan operasi yang lebih kompleks. Langsung saja simak ulasannya sambil menikmati kopi kapal api jelas lebih enak...

Operasi Aritmatika pada MATLAB

Aritmatika atau dulu disebut Ilmu Hitung merupakan cabang tertua (pendahulu) matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Aritmatika adalah ilmu hitung dasar yang merupakan bagian dari matematika. Operasi dasar aritmatika adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, walaupun operasi-operasi lain yang lebih canggih (seperti persentase, akar kuadrat, pemangkatan, dan logaritma) terkadang juga dimasukkan ke dalam kategori ini. Perhitungan dalam aritmatika dilakukan berdasarkan suatu urutan operasi yang menentukan operasi aritmatika mana yang lebih dulu di proses. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk melakukan demonstrasi Operasi Aritmatika yang mencakup penggunaan matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi yang lebih kompleks seperti pemangkatan. Penggunaan simbol aritmatika ditunjukan pada tabel dibawah ini:

Tabel 1. Operasi Aritmatika Sederhana
Nomor Operasi Simbol Contoh
Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian
+ - * /
15 + 10 15 - 10 15 * 10 15 / 10

Untuk melakukan operasi matematika sederhana kita dapat menggunakan simbol plus ( + ) untuk penjumlahan, simbol minus ( - ) untuk pengurangan, simbol asterik ( * ) untuk perkalian, dan simbol slash ( / ) untuk pembagian. Untuk penjelasannya ikuti contoh dibawah ini:
>> %Operasi Matematika Sederhana
>> %Penjumlahan
>> 124 + 97
ans =
    221
>> %Pengurangan
>> 178 – 98
ans =
    90
>> %Pembagian
>> 765 / 9
ans =
    85
>> %Perkalian
>> 86 * 54
ans =

    4644
Pada bagian selanjutnya kita akan mencoba melakukan Operasi Aritmatika lainnya yaitu operasi pemangkatan dengan menggunakan simbol pangkat atau logical and ( ^ ) pada MATLAB. Untuk penjelasannya ikuti contoh dibawah ini:
>> %Operasi Pangkat pada MATLAB
>> 2^7
ans =
    128
>> 2^ -6
    ans =
0.0156
>> -12^4
    ans =
-20736
>> -9^9
    ans =
-387420489     
Hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan operasi matematika pada MATLAB adalah mengenai penggunaan tanda kurung (( )) dalam menuliskan operasi matematika. Seperti prinsip matematika pada umumnya, setiap angka yang diberi tanda kurung akan dikerjakan terlebih dahulu, aturan yang sama juga berlaku pada MATLAB. Untuk penjelasannya ikuti contoh dibawah ini:
>> %Penulisan Tanda Kurung pada Operasi Matematika MATLAB
>> %Jika ada soal 4*4-2 dan 4*(4-1) hasilnya pasti akan berbeda
>> 4*4-2
ans =
14
>> 4*(4-2)
ans =
8   
Semoga materi yang saya sampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat poinreaders, jangan lupa follow akun sosial kami agar sobat poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang pemrograman lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »