Demo dan Fasilitas Help pada MATLAB

Assalamu'alaikum poinreaders,
Pada kesempatan kali ini saya akan belajar sebuah materi mengenai Demo dan Fasilitas Help pada MATLAB. Demo sendiri merupakan fasilitas demonstrasi yang tersedia pada MATLAB yang berfungsi untuk memudahkan user dalam membuat sebuah grafik dua dimensi maupun tiga dimensi. Sedangkan fasilitas Help merupakan fasilitas yang digunakan sebagai panduan bagi user dalam menjalankan dan memahami semua perintah yang terdapat pada MATLAB. Agar poinreaders tidak semakin bingung, langsung saja simak ulasan berikut sambil menikmati kopi kapal api jelas lebih enak...

Demo dan Fasilitas Help pada MATLAB

Demo

Saat pertama kali kita membuka MATLAB, kita bisa menjalankan Demo yang ada pada MATLAB. Kita dapat mengaksesnya melalui Command Window dengan menuliskan perintah ‘demo’ kemudian Enter, maka akan muncul jendela browser di mana kita bisa  memilih Demo yang akan kita jalankan.

Jendela Demo pada MATLAB
Gambar 1. Jendela Demo pada MATLAB

Kita bisa melihat dan mengakses berbagai aplikasi yang tersedia pada MATLAB dengan cara mempelajari dan mempraktekkan semua Demo yang terdapat pada MATLAB. Di dalam Demo tersebut terdapat beberapa fitur yang bisa kita mainkan seperti melihat berbagai grafik dan berbagai simulasi yang ada hubungannya dengan ilmu teknik dan ilmu lainnya. Kita bisa mengekspansi folder MATLAB dengan menekan tanda plus (+) di sebelah kiri demo untuk melihat demo lain yang tersedia pada MATLAB. Misalkan kita akan melihat grafik tiga dimensi dari grafik Klein Bottle maka kita dapat memilih tab MATLAB => Function => Demos => 3D Visualization => kemudian pilih Klein Bottle; maka akan muncul grafik berikut:

Demo 3D Visualization grafik Klein Bottle
Gambar 2. Demo 3D Visualization grafik Klein Bottle

Demo diatas merupakan salah satu Demo yang bisa kita buat dengan menggunakan fitur Demo pada MATLAB. Sekarang giliran poinreaders untuk mencoba Demo lainnya yang masih banyak tersedia pada MATLAB.

Fasilitas Help pada MATLAB

MATLAB mempunyai fasilitas “Help” yang ekstensif dimana di dalamnya memuat dokumentasi detail mengenai semua fitur yang ada pada MATLAB. Semua dokumentasi detail tersebut meliputi semua informasi yang ada pada Command Window dan fungsi lainnya yang terdapat pada MATLAB.  Sistem ini sangat membantu kita terutama bagi seorang pemula yang baru belajar MATLAB untuk dapat memahami semua fitur dan fungsi yang ada pada MATLAB. Fasilitas help dapat diakses melalui dua cara yaitu melalui Command Window dengan perintah Help atau Help Browser.

1. Mengakses Help melalui Command Window
Untuk mengakses fasilitas Help melalui Command Window dengan perintah 'help', kita bisa menuliskan ‘help’ pada Command Window seperti contoh di bawah ini:

Jendela Help pada MATLAB
Gambar 3. Jendela Help pada MATLAB

2. Memanggil Fasilitas Help dari Help Browser
Cara lain untuk mengakses fasilitas Help pada Command Windows adalah dengan cara menuliskan ‘helpbrowser’ pada command window MATLAB seperti contoh di bawah ini:

Jendela Help Browser pada MATLAB
Gambar 4. Jendela Help Browser pada MATLAB

Help browser memiliki dua bagian utama yaitu: Help Navigator, dan layar tampilan di sisi kanan yang menunjukan keterangan dari fasilitas Help yang terdapat pada MATLAB. Cara penggunaan fasilitas Help browser mirip dengan Windows Explorer; apa yang kita pilih di daftar navigator akan ditampilkan di layar sisi kanan.  Help Navigator  ini  memiliki sejumlah komponen diantaranya:
  • Product filter : Berfungsi untuk mengaktifkan filter. Filter tersebut digunakan untuk memperlihatkan dokumentasi hanya pada produk yang kita inginkan.
  • Tab Contents : Berfungsi untuk melihat judul dan daftar isi dokumentasi.
  • Tab Index : Berfungsi untuk mencari entri indeks tertentu (dengan kata kunci)  di dalam dokumentasi.
  • Tab Demos : Berfungsi untuk melihat dan menjalankan demo.
  • Tab Search : Berfungsi untuk mencari dokumentasi yang mengandung kata/potongan kata tertentu sesuai dengan perintah user. Untuk mendapatkan Help dari suatu fungsi tertentu, pilihlah Search type kemudian pilih Function Name.
  • Tab Favorites : Berfungsi untuk melihat daftar link ke dokumen yang telah ditandai sebagai favorit.
Di antara tab tersebut, yang paling sering digunakan adalah Contents dan Search. Sebagai permulaan cobalah untuk mencari dokumen mengenai suara dengan cara menuliskan perintah “sound” pada Tab Search kemudian Enter.

Semoga pembahasan mengenai Demo dan Fasilitas Help pada MATLAB ini dapat bermanfaat bagi poinreaders dan semakin membuat poinreaders bersemangat dalam belajar pemrograman MATLAB. Jangan lupa follow akun sosial kami agar poinreaders bisa mendapatkan materi terupdate tentang permrograman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »